Taman Wisata Wendit Malang

Taman Wisata Wendit Malang adalah favorite masyarakat Malang yang berumur beberapa ratus tahun dengan bermacam manfaatnya. Konon, kolam pemandian Wendit ini jadi favorite buat beberapa selir serta raja Majapahit untuk pelesir sekaligus juga jalankan acara ritual. Dipercaya sumber air ini mengobati penyakit, mempermudah jodoh, rejeki dan membuat awet muda.

Nama Wendit datang dari ‘wendito’ berarti pendeta. Menurut narasi, pendeta bersemedi di Mangliawan waktu kekeringan menempa, lalu munculah sumber air ini. Pada saat kolonial, Wendit dibuat pemandian diperlengkapi lapangan tenis seperti rimba kecil. Sekarang, Taman Wisata Wendit diurus BUMD Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Daya Tarik Taman Wisata Wendit Malang

Wendit dipercaya telah ada serta dibuat pada saat kerajaan Mataram di era X Masehi. Raja Majapahit, Prabu Hayam Wuruk berkunjung ke telaga untuk wisata sekaligus juga ritual sebab ada bangunan suci. Taman piknik ini mempunyai tipe kolam alami atau bikinan.

1. Kolam Alami

Kolam alami dipakai sejak dahulu serta dipercayai adalah tempat istirahat Raja Hayam Wuruk. Kolamnya tidak dalam, airnya jernih serta fresh. Benar-benar pas untuk merilekskan diri. Di kolam sumber air ini pelancong dapat juga berenang bersama-sama ikan-ikan kecil yang hilir mudik.

2. Kolam Spa

Kolam Spa mempunyai fundamen lantai dari batu-batuan alam. Airnya dingin serta fresh dengan taburan bunga mawar. Konon menurut narasi, dengan mandi di kolam itu memiliki manfaat membuat muka terlihat awet muda.

3. Kolam Bikinan

Kolam bikinan dibuat dari sungai yang dibendung. Di sini pengunjung bisa berkeliling-keliling seputar telaga. Pelancong bisa sewa perahu motor memiliki 16 orang. Sedang untuk dua orang ada perahu yang bisa dikayuh sendiri. Kolam ini diperlengkapi dengan beberapa sarana, diantaranya water park.

4. Wahana Waterpark

Wahana waterpark ini jadi favorite beberapa anak. Ada papan seluncur air dimana pelancong dapat melaju pada jalan seluncurnya lalu datang di permukaan kolam. Ada pula timba air yang besar sekali serta akan tumpah setiap saat airnya terisi penuh.

5. Ajang bermain anak

Ajang bermain buat beberapa anak sediakan ayunan, jungkat jungkit, bom-bom car, humor putar,dan lain-lain. Ada  wahana outbond seperti flying fox serta keliling dengan naik kuda. Disamping itu dapat juga sewa perahu dayung disana, atau naik perahu boot.

Sarana umum yang ada telah mencukupi. Ada beberapa kamar mandi serta ruangan tukar. ada mushola untuk melaksanakan ibadah. Warung-warung makanan banyak juga berjejer disana.

Tempat parkir juga nyaman serta teduh di bawah rindangnya pohon-pohon. ada pendopo, gazebo serta tempat duduk yang dapat dipakai pengunjung untuk istirahat serta nikmati panorama. Pengunjung bisa mendapatkan kenang-kenangan hasil kerajinan masyarakat ditempat serta dipasarkan di seputar ruang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *